Selasa, 13 September 2016

Idul Adha di Saratan, Magelang.

oleh: Asy Syifa Muthiah


suasana setelah pemotongan kambing.

Tanggal 12 september 2016 bertepatan pada hari besar umat islam yaitu Idul Adha. Tradisi yang biasa dilakukan oleh umat muslim pada saat Idul Adha adalah menyembelih hewan qurban lalu di bagikan kepada masyarakat sekitar. Biasanya hewan qurban ini di titipkan kepada masjid di sekitarnya.

Musola Imanul Zakirin yang bertempat di Lingkungan Saratan 1 Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu musola yang melaksanakan kemeriahan Idul Adha. Musola ini menerima 1 sapi dan 2 kambing 1 sapi ini beranggotakan 7 orang di dalamnya sedangkan 2 kambing beranggotakan 2 orang didalamnya. Pelaksanaa qurban ini sudah berlangsung selama 4 tahun,namun sempat terhenti karena masih banyak masyarakat yang menitipkan kepada kyai di daerah sekitar dari pada menitipkannya di musola. Qurban pada tahun ini di musola Imanul Zakirin meningkat, hal ini di ungkapkan oleh Syamsudin selaku sekretaris panitia qurban Idul Adha periode 2016/2017.

Hasil hewan yang di qurbankan akan di bagikan kepada masyarakat dan orang yang menitipkan hewan qurbannya. Porsi daging telah ditentukan,seperti masyarakat yang tidak berqurban mendapatkan 2/3 sedangkan warga yang berqurban hanya mendapatkan 1/3. Hal ini bertujuan agar masyarakat disekitar Lingkungan Saratan mendapatkan sama rata.

Selain itu juga kegiatan qurban ini bertujuan untuk bersyiar agar masyarakat lebih bersemangat untuk melaksanakan qurban di tahun yang akan datang. Harapan dari panitia musola Imanul Zakirin pada tahun yang akan datang, ”mengharapkan qurban yang akan datang meningkat dalam segi kuantitas dan kualitas selain itu juga bagi yang berqurban pada tahun ini diharapkan berqurban pada tahun depan kembali,” tutur Syamsudi selaku sekretaris panitia qurban. Berqurban tidak hanya dilakukan sekali semakin kita sering berqurban maka kita masih peduli dengan lingkungan sekitar kita. (ASM)


1 komentar:

  1. Untuk observasi dan wawancara sudah detil. Original. Keep the original. Tetapi sekali lagi, prominence. Keterkenalan. Apa keunikan dari atau yang ada di Saratan, Magelang?

    BalasHapus