Selasa, 13 September 2016

Pemudik Menurun, Antusiasme Berkurban Meningkat

oleh: Dhenok Esthi Prasetyanti



Suasana solat Idul Adha.

     Idul adha kali ini jatuh pada tanggal 12 September 2016. Dimana umat muslim diwajibkan untuk berkurban, bisa dengan membayar uang zakat maupun membeli hewan kurban yang mana nantinya hewan kurban akan dibagikan kepada yang kurang mampu. Dalam pelaksanaan idul adha di Indonesia tentu bermacam - macam tradisi yang dilakukan pada setiap daerah.

    Di Padukuhan Tungu, Paliyan Gunungkidul Yogyakarta mempunyai tradisi takbir keliling. Pagi harinya semua masyarakat Desa berkumpul untuk melaksanakan sholat idul adha dilapangan sepak bola Grogol. Kepala Dukuh Tungu Agung Purwanto mengungkapkan, bahwa lebaran idul adha tahun ini pemudik menurun. Seperti halnya lebaran idul fitri pada lebaran idul adha kali ini tentu ada beberapa orang yang pulang kampungnya masing - masing hanya saja pemudik tahun ini di Desa Tungu menurun tidak seperti idul adha tahun lalu.

     “Setiap lebaran idul adha banyak sekali orang - orang yang merantau ke kampung halaman hanya saja idul adha tahun ini pemudik menurun.”

Kebalikan dari para pemudik menurun, jumlah hewan kurban meningkat dari tahun sebelumnya.

     “Memang jumlah pemudik tahun ini menurun hanya saja kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk berkurban, di Tungu sendiri sapi yang tahun lalu 2 ekor tahun ini 3 ekor dan tahun lalu kambing 10 ekor, tahun ini 17 ekor.” ungkap kepala Dukuh Tungu


    Dengan begitu harapan kepala Dukuh Tungu pada tahun yang akan mendatang bagi masyarakat yang berkurban terus meningkat. (DEP)

1 komentar:

  1. Original. Keep original. Lokasinya pun juga tidak "itu-itu saja" alias kawasan di sekitar Kaliurang. Ide-nya bagus, tetapi agak sedikit memaksakan dua fakta yang berbeda, untuk saling berhubungan. Alenia kedua sebelum terakhir (yang berupa kutipan langsung), apakah peningkatan jumlah daging kurban itu adalah akibat dari kiriman para perantau yang tidak bisa mudik?

    BalasHapus