Selasa, 20 September 2016

Pesona Pantai Wediombo Sebagai Daya Tarik Wisata di Gunung Kidul

oleh : Josi Eka Guntara

keindahan bibir pantai wediombo yang sangat jernih.

Gunung kidul – adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal akan wisata alamnya. Dari data yang kami dapat, dari tahun ke tahun gunung kidul mengalami peningkatan wisatawan  yang cukup besar, pada tahun 2014 ada 1.955.817 wisatawan yang mengunjungi gunung kidul dan pada tahun 2015 mengalami kenaikan sebesar 2.642.759 Wisatawan.

Salah satu yang menjadi daya tari tersendiri adalah pantai-pantainya yang begitu indah dan masih sangat natural. Banyak juga pantai yang masih belum terekspos di Kabupaten Gunung Kidul, salah satunya adalah pantai Wediombo.

Pantai Wediombo berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo. Wediombo dalam bahasa jawa mempunyai arti pasir yang luas, tapi tidak dalam kenyataanya pantai ini tidak mempunayi pasir yang terlalu luas.  Letak pantai ini agak ke bawah, Untuk bisa sampai ke pantai anda harus rela menuruni beberapa anak tangga yang disediakan. Sedikit melelahkan memang. Namun, itu semua akan sebanding dengan sensasi yang akan di dapatkan.

Pantai ini adalah tempat favorit untuk melakukan camping pantai, karena di tepi pantai banyak lokasi yang di sediakan oleh pengelola untuk memfasilitasi pengunjung atau wisatawan yang akan camping pantai.

Memang tidak terlalu ramai dan cenderung masih sepi, tapi wediombo mempunyai daya tariknya tersendiri, air yang bening dan pasir putih adalah salah satunya. Namun ada yang membuat pengunjung untuk kembali lagi ke pantai ini adalah dengan adanya ombak besar ciri khas pantai selatan.

Khusus untuk yang menyukai olahraga selancar atau surfing wediombo menpunyai tempat tersendiri di hati para penggemar surfing. “ tahun 2015 itu ada sekitar ribuan wisatawan yang datang ke pantai wediombo, dan separuhnya datang untuk melakukan surfing disini.” Ujar bapak Tugi selaku pengelola dan warga setempat.

“kami harap di 2016 ini akan ada peningkatan wisatawan baik local maupun dari mancanegara, tapi kalau wisatawan mancanegara lebih untuk bermain surfing sedangkan wisatawan local lebih untuk menghabiskan akhir pecan dengan keluarga dan yang kebanyakan camping rata-rata remaja yang piknik dengan teman-temanya.” Tambahnya.

laguna yang terdapat di pantai wediombo.


Selain ombak besarnya yang menjadi ciri khas dari pantai wediombo lainya adalah dengan adanya kolam alami atau yang lebih terkenal dengan sebutan laguna, laguna ini terletak di bibir pantai sebelah selatan pantai wedi ombo. Kolam ini terbentuk dari genangan air yang terperangkan di antara batuan karang yang ada di pantai ini, menambah keindahan pantai tersebut.

Harga yang di patok oleh pengelola juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp.10.000,00 saja anda sudah dapat menikmati semua keindahan yang ada di pantai wediombo. (JEG)


1 komentar: