Selasa, 13 September 2016

Mahasiswa dan Perayaan Idul Adha



oleh: Kholilatul Quduah



suasana solat Idul Adha di lapangan D3 Universitas Islam Indonesia.

Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Senin, 12 September 2016 seluruh umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha, termasuk Indonesia. Suasana pelaksanaan solat Idul Adha di Yogyakarta khususnya di Universitas Islam Indonesia diikuti oleh mahasiswa dan warga sekitar. Pelaksanaan solat Idul Adha tahun ini dilansungkan di lapangan D3 Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

             Perayaan Idul Adha tentu berbeda dengan Idul Fitri, dimana dalam perayaan lebaran haji ini mahasiswa-mahasiswi perantauan tidak bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, karena waktunya yang singkat. Seperti yang dirasakan Tria Novitawati, mahasiswi Teknik Industri angkatan 2009 asal Dumai, Riau. Selain waktu libur yang singkat, tugas akhir juga membayangi mahasiswi tingkat akhir ini.

“Ini udah ketiga kalinya sih, libur Idul Adha kan cuma sebentar ya, lagipula jauh juga. Terus mau ngerjain deadline juga biar cepet selesai.” Tuturnya.

             Menurutnya yang terpenting masih bisa saling berkomunikasi dengan keluarganya di Dumai, orangtuanya juga berharap agar tugas akhir yang dikerjakan oleh Tria bisa secepatnya selesai.

            Begitu pula yang dirasakan oleh Sonya Setya Gama, mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2014. Idul Adha tahun ini adalah kali pertama Sonya melaksanakan solat Idul Adha tidak bersama keluarga di Jakarta, alasannya tidak jauh berbeda seperti yang dipaparkan oleh Tria.
“karena waktunya udah mepet. Kemarin aja masuk kuliah kan tanggal satu, terus kalo balik juga nanggung soalnya liburnya ngga lama sih.” Tuturnya.

           Libur semester kali ini memang tidak sama seperti tahun kemarin, dimana lebaran Idul Adha dan libur semester genap berdekatan sehingga mahasiswa masih dapat menghabiskan masa liburannya di rumah.

            Jama’ah solat Idul Adha yang diimami oleh Ustadz Ulinuha kali ini lebih banyak dari tahun kemarin. Terlihat antusiasme jama’ah yang berdatangan sehingga memadati trotoar dan sebagian jalan di depan parkiran D3 Ekonomi.

           Namun, beberapa orang sempat mengeluh karena tempat yang digunakan langsung bersentuhan dengan tanah. Berbeda dengan tahun lalu dimana pelaksanaan solat Idul Adha dilakukan di sebelah barat mesjid Ulil Albab, yakni di depan pelataran hall Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB).


            Meskipun demikian antusiasme jama’ah untuk melakukan solat Idul Adha di Universitas Islam Indonesia tidak berkurang, sehingga berlangsung dengan khikmad. (KQ)

1 komentar:

  1. Keren. Original. Sebenarnya kalau mau lebih menarik, lebih berani saja. Misalkan ambil titik berangkat bahwa banyak jamaah yang mengeluh karena tahun ini tempat shalat-nya berpasir. Nah nanti ambil kutipan langsung dari pernyataan (kalau ini Vox Pop harus agak banyak) 4-5 jamaah, lalu dikonfirmasikan ke pihak panitia Shalat Idul Adha di UII, kenapa memindahkan lokasi. Apa pertimbangannya.

    BalasHapus